Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Jual Bibit Durian Musang King Unggul Siap Berbuah, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking !

Jual Bibit Durian Musang King Unggul Siap Berbuah, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking !

Diposting pada 27 November 2018 oleh nettnot

Jual Bibit Durian Musangking, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking !

 

Jual Bibit Durian Musang King – Siapa yang tidak kenal dengan buah yang mempunyai julukan Raja buah. Durian, dan walaupun tidak semua orang menyukai buah yang satu ini, karena aromanya yang sangat khas. Namun tidak sedikit yang sangat menyukai buah dengan beragam varietas tersebut. Bahkan tidak jarang, musim buah yang satu ini, sangat dinanti oleh para penggemarnya. Tidak hanya itu, beberapa daerah di Indonesia, bahkan sengaja mengadakan festival durian yang tumbuh di daerahnya, untuk menyedot para penggemar buah dengan duri agak tajam tersebut. Sebagian masyarakat Indonesia mengenal durian Monthong sebagai salah satu jenis durian dengan kualitas unggulan. Namun pernahkah Anda mendengar durian Musangking? Sebagian dari Anda mungkin baru mendengar nama jual bibit durian musang king ini pertama kali.

Mengenal Durian Musangking

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara memperoleh penyedia jual bibit durian musangking, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu durian Musangking.

Durian Musangking ini, sendiri saat ini cukup populer di Malaysia dan juga Singapura. Yang membuat buah ini kian populer adalah, rasanya yang enak, ketebalan daging buahnya dan rasanya yang manis legit. Hal ini cukup untuk membuat durian Monthong asal Thailand mulai tersaingi.

Asal dari durian ini sendiri adalah dari Malaysia, dan  mulai diperkenalkan mulai tahun 1990. Di negara asalnya, durian ini, dikenal dengan nama Mao Shan Wang, atau artinya raja kucing. Pada awalnya, di kawasan Tanah Merah sekitar Kelantan, sempat dihebohkan dengan ditemukannya sebuah pohon durian, dengan hasil buah yang sangat berkualitas. Daging buahnya yang tebal, lembut, manis, warnanya kuning seperti kunyit, namun sedikit mengandung rasa pahit. Tidak hanya itu, ukuran bijinya pun cukup kecil dan tipis, dibandingkan biji durian pada umumnya.

Sekitar tahun 1993, datanglah seorang yang bernama Wee Chong Beng, yang  kemudian mendaftarkan buah durian tersebut, dengan nama Raja Kunyit, hal ini sengaja dikaitkan dengan warnanya yang seperti tanaman kunyit. Akan tetapi warga sekitar, kerap kali menyebut buah tersebut, dengan durian Musangking. Nama ini diambil, tidak sembarangan, karena lokasi ditemukannya tanaman durian tersebut ada di dekat gua musang yang ada di sekitar Kelantan. Dari sanalah awal mula, tanaman tersebut, dan mulai terus dikembangkan hingga kini, dan terus menyebar hingga ke Indonesia.

Rasa buah durian musang king

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, buah yang satu ini, memang termasuk varietas unggulan. Jadi rasa buah yang dihasilkan tentu saja lebih unggul. Dimulai dari daging buahnya yang cukup padat dan juga tebal, jika dibandingkan dengan buah durian jenis lainnya. Walaupun demikian, dagingnya terasa lembut dan kering ketika dikonsumsi. Lalu beralih ke warna buah, buah durian Musangking ini, berwarna kuning tua, atau seperti warna kunyit, yang membuat siap saja langsung tertarik karenanya. Yang membedakan antara durian Musangking dengan durian varietas lainnya adalah dari ukuran bijinya. Biji Musangking, mempunyai ukuran yang kecil, dan juga tipis, sedangkan varietas lainnya tidak. Ini juga yang menjadi salah satu alasan, mengapa daging buah durian yang satu ini, terasa cukup tebal. Perbedaan lainnya adalah dari segi aroma. Aroma yang ditawarkan oleh buah yang satu ini, tidak terlalu menyengat, dibandingkan varietas lainnya. Yang paling unggul adalah kualitas rasa, pastinya juara. Rasa buah Musangking ini, mempunyai rasa yang sangat legit, manis, dan pastinya enak untuk disantap. Walaupun ada rasa sedikit pahit di dalamnya, namun tidak cukup kuat mengalahkan rasa manisnya.

Perpaduan rasa manis, legit, sedikit pahit, ditambah tekstur dagingnya yang cukup tebal dan menguntungkan bisnis jual bibit durian musang king, pastinya membuat lidah siapa saja akan sangat dimanjakan karenanya. Adapun berat rata-rata buah ini, adalah sekitar 2 kg per buahnya. Bagi para penggemar durian, pasti akan menyukai buah yang satu ini.

Kandungan nutrisi durian musang king

Tidak hanya manis, dan legit, buah yang satu ini juga kaya akan berbagai macam manfaat untuk tubuh. Jadi untuk Anda yang mencicipi buah ini, pasti akan mendapatkan manfaatnya. Lalu apa saja nutrisi yang terkandung dalam buah tersebut ! Cukup banyak, mulai dari Vitamin A, B1, B2 C, E, Kalsium, Fosfor, Kalium, Serat, Protein, termasuk Karbohidrat.

Tentunya itu adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan khasiat dan juga manfaat yang akan Anda dapatkan, ketika mengkonsumsi buah ini, terutama untuk kesehatan, adalah mampu mengatasi insomia, mengatasi depresi, anemia, dapat mengurangi resiko terkena kanker, dan mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain untuk kesehatan, mengkonsumsi durian Musangking ini juga juga baik untuk kecantikan, terutama untuk para wanita, seperti mampu mencerahkan kulit, mencegah proses penuaan dini, mencegah serta mampu mengatasi jerawat.

Namun bagaimanapun manfaat yang dimiliki oleh buah ini, Anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak atau berlebihan. Seperti buah durian lainnya, durian Musangking ini juga mengandung alkohol. Bahkan kandungan alkohol pada durian ini, sedikit lebih tinggi, dibandingkan jenis durian lainnya.

Ciri-Ciri tanaman bibit durian musang king

Pohon durian Musangking ini, termasuk jenis pohon tahunan. Tinggi tanaman ini, mampu mencapai sekitar 25 hingga 50 m. Ada beberapa ciri khas yang cukup melekat pada pohon buah yang satu ini. Jika Anda ingin membeli pohon tersebut, di penyedia jual bibit durian musangking. Tentunya Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini. Ciri pertama dari pohon ini, terletak pada daunnya yang berbentuk lonjong, dan agak memanjang. Letak daunnya juga berseling dan bertangkai. Ujung daun berbentuk lebih lancip, jika dibandingkan jenis varietas lainnya. Pada daun yang ada di bagian atas warnanya hijau terang, sedangkan di bagian bawah berwarna perak, atau bahkan keemasan, dengan bulu-bulu bintang yang cukup halus disentuh.

Ciri berikutnya adalah buahnya. Ukuran buah musangking ini, sedang, dengan bentuk agak lonjong. Pada pangkal dan batang buahnya berwarna kecoklatan, dan agak cukup rata dengan duri yang ada. Terlihat ada sekitar 5 garis yang mengarah ke pangkal buah, sedangkan duri pada kulitnya, bentuknya seperti piramida dengan sisi yang rata.

Cara menanam durian Musangking

 

Durian ini masuk ke Indonesia, sekitar tahun 2011 silam. Ketika masuk, harga durian ini, jauh lebih tinggi dan lebih mahal, dibandingkan jenis durian lainnya. Hal ini dikarenakan masih belum banyaknya petani yang membudidayakan tanaman tersebut. Namun dengan semakin maraknya penjualan dan tingkat permintaan yang mulai merangkak naik, maka para petani durian mulai melirik dan mencari penyedia jual bibit durian musangking di pasaran.

Untuk proses tanam dari Musangking ini, tidak dapat dikatakan mudah, dan tidak dapat dikatakan susah. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentunya Anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Mempersiapkan varietas Musangking unggulan

 

Varietas Musangking ini, adalah salah satu jenis tumbuhan yang mampu tumbuh dan berkembang di daratan rendah, dengan rata-rata ketinggian dibawah 1.000 m di atas permukaan laut. Tapi jika Anda ingin memperoleh hasil yang maksimal. Akan lebih baik, jika Anda menanam tanaman tersebut, di ketinggian sekitar 400 hingga 600 di atas permukaan laut.

Karakter tanah yang pas untuk jenis Musangking ini adalah yang memiliki tingkat curah hujan tinggi, dan memiliki iklim yang basah. Tumbuh dan berkembang pada struktur tanah yang gembur, subur, lembab, dan memiliki kedalaman air tanah tidak lebih dari  1 m, pastinya membuat tanaman ini, jadi tumbuh subur. Durian Musangking ini, paling cocok tumbuh dalam suhu udara sekitar 20 hingga 300C.

Selain faktor tanah dan juga iklim, ada juga faktor lain, yang juga turut, mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman Musangking tersebut, adalah ketersediaan unsur hara yang ada pada tanah. Hal yang satu ini, cukup memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan ukuran buah dan rasa durian itu sendiri. Apabila iklim dan media tanah yang digunakan tepat, maka tanaman ini, mampu tumbuh sekitar 1500 hingga 3500 mm per tahun.

  1. Persiapan Lahan

Jika Anda ingin membudidayakan durian Musangking ini, untuk konsumsi sendiri, maka menanam di pekarangan rumah atau di halaman belakang tentu tidak masalah. Lain lagi jika niat mengunjungi penyedia jual bibit durian musangking adalah untuk mulai berbisnis durian. Tentunya Anda perlu mempersiapkan lahan perkebunan yang cukup luas. Ada beberapa persiapan yang sebaiknya dilakukan, sebelum proses tanam tiba, antara lain :

  1. Bersihkan lahan yang akan digunakan,  dari berbagai gulma, tanaman pengganggu lain dan juga dari tanaman semak belukar.
  2. Setelah pembersihan lahan dilakukan, berikutnya buat lubang-lubang untuk menanam bibit durian, adapun jumlah lubang, tentunya disesuaikan dengan jumlah tanaman durian yang sebelumnya telah Anda beli di penyedia jual bibit durian musangking.  
  3. Perhatikan jarak antara satu lubang dengan lubang lainnya, pastikan jaraknya sekitar 25 cm.
  4. Sebelum bibit yang diperoleh dari penyedia jual bibit durian musangking Ada baiknya jika Anda melakukan penyuburan tanah terlebih dahulu. Lakukan pemupukan ke dalam lubang penanaman, dengan menggunakan bantuan pupuk kompos maupun pupuk kandang.
  5. Yang perlu diperhatikan disini adalah, pastikan lahan tempat membudidayakan durian musangking ini, termasuk lahan yang terkena sinar matahari secara langsung, atau setidaknya memperoleh sinar matahari mulai dari 60 hingga 80%.
  6. Adapun jarak lubang penanaman pada tanaman durian Musangking ini, baiknya sekitar 100 cm untuk ukuran panjang, dan lebarnya 80 cm. Disini Anda sebaiknya membiarkan lubang untuk menanam durian ini terkena sinar matahari sebelum, akhirnya ditanam. Proses ini, sebaiknya dilakukan selama 3 hari lamanya.
  7. Tujuan dari proses penjemuran lubang tanam ini, untuk mematikan berbagai macam bakteri atau virus yang akan mengotori lahan penanaman. Selain itu, agar bagian bawah dari lubang tanam durian musang king ini, jadi semakin gembur. Hingga akhirnya mempermudah akar tanaman, tumbuh dan masuk ke dalam tanah yang telah digali sebelumnya.
  8. Persiapan Bibit

Hal berikutnya yang juga perlu Anda siapkan adalah membeli bibit di penyedia jual bibit durian musangking. Pastikan bibit yang diperoleh benar, dan memiliki kualitas unggulan. Sebelum melakukan proses penanaman, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain :

 

  1. Sebaiknya pilih bibit yang terlihat sehat, tidak terlalu jangkung, dan mempunyai daun yang tidak rusak,  atau seperti terkena penyakit. Pastikan Anda membeli bibit tersebut, di penyedia jual bibit durian musangking yang terpercaya.
  2. Pada saat memilih bibit, pilih yang telah cukup umur dan juga batangnya cukup besar. Ada baiknya jika tanaman sudah tumbuh setinggi 80 cm ke atas.
  3. Setelah Anda memilih bibit dari penyedia jual bibit durian musangking, maka Anda dapat langsung menanamnya.
  4. Adapun cara menanam bibit tersebut, tidak sulit. Cukup pindahkan bibit ke dalam lubang penanaman, secara langsung.
  5. Pastikan Anda tidak merusak batang, atau pun daerah akar, pada saat memindahkan bibit durian dari wadah awal ke lubang tanam.
  6. Sebelum ditanam, sebaiknya buka plastik polybag, yang jadi wadah atau tempat bibit. Lakukan hal ini secara hati hati, agar tidak merusak akar tanaman.
  7. Pastikan Anda memasukan tanah dan juga bibit kedalam lubang tanam secara keseluruhan. Kemudian timbun  kembali, setinggi tanah yang ada pada polybag sebelumnya.
  8. Setelah proses penanaman selesai, berikutnya, lakukan pemupukan di sekitar lubang tanam. Berikutnya siram secara teratur, agar durian dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.
  9. Perawatan dan Pemupukan

Setelah proses tanam selesai dilakukan, berikutnya akan masuk ke proses perawatan harian. Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan, dalam proses perawatan durian Musangking tersebut, yaitu :

  1. Lakukan pemupukan secara teratur dan juga rutin. Gunakan jenis pupuk kompos atau juga NPK,  dengan aturan pakai sekitar 1 sendok teh. Larutkan ke dalam 10 liter air, larutan ini dapat Anda gunakan untuk memupuk sekitar 10 bibit. Teknik pemupukan dapat dilakukan dengan proses menyemprot tanaman secara langsung. Teknik ini, sebaiknya dilakukan sekitar seminggu sekali atau per 10 hari sekali. Dengan pemberian pupuk secara teratur, maka asupan nutrisi makro dan micro pada tanaman jadi jauh lebih cepat.
  2. Selain proses pemupukan, Anda juga perlu menyiram secara rutin tanaman tersebut, 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Hal ini tentu saja dilakukan pada saat tanaman baru saja disemai, atau dipindahkan.
  3. Anda juga dapat memberikan pupuk berupa pupuk kandang kering. Ini adalah jenis pupuk hasil fermentasi yang bentuknya mirip dengan tanah subur. Pupuk kandang ini, dapat Anda gunakan pada saat tanaman durian baru saja ditanam. Anda dapat menaburkannya di sekeliling tanaman. Jangan memberikan terlalu banyak, karena dapat menghambat proses pertumbuhannya.
  4. Untuk mengatasi hama seperti ulat, Anda dapat menggunakan penyemprotan dengan menggunakan pestisida. Fungsi lain dari bahan ini, atau penyemprotan ini dapat membuat buah terbentuk dengan cepat.
  5. Selalu bersihkan semua rumput atau juga gulma pengganggu, supaya zat hara dalam tanah tidak habisi oleh gulma tersebut.
  6. Anda juga dapat melakukan teknik tanam, dengan metode menggantung, seperti permukaan gunung. Yaitu dengan cara meninggikan struktur tanah. Hal ini, akan membuat proses tumbuh bibit menjadi semakin cepat.

Sedikit informasi untuk Anda, yang ingin pohon duriannya tumbuh dengan cepat, adalah memberikan zat perangsang tumbuh tanaman atau lebih dikenal dengan pupuk ZPT. Penggunaan pupuk ini secara rutin juga sangat merangsang bakal bunga dan bakal buah tumbuh dengan cepat. Adapun pemberian pupuk ini, ketika tanaman memasuki usia dewasa dan siap untuk berbuah. Atau sekitar 3 tahun dari awal tanam. Adapun dosis yang sebaiknya dilakukan adalah sekitar 1 bulan sekali.

  1. Masa Panen

Apabila Anda menanam bibit musangking secara tepat, tentunya pohon durian akan tumbuh dengan baik, baik dalam batang akar, dan hal lainnya. Dengan demikian, Anda akan memasuki masa panen sekitar 4 hingga 5 tahun setelah masa tanam.

Pada saat itu, pohon durian musangking ini,bisa tumbuh hingga sekitar 3 hingga 4 meter, atau bahkan lebih rendah. Buah yang dihasilkan juga cukup banyak, segar dan pastinya lezat.

4 Keunggulan menanam dan membudidayakan jual bibit durian musang king

Membeli bibit di penyedia jual bibit durian musangking tentu saja sangat menguntungkan. Terutama jika Anda ingin membudidayakannya. Berikut ini, adalah beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh jika membudidayakan serta menanam tanaman tersebut.

  1. Kemampuan tumbuh di dataran tinggi

Seperti diketahui bersama, tanaman Musangking ini biasanya tumbuh di ketinggian 400-600 m dari permukaan laut. Kawasan ini, biasanya ada di sekitar Jawa. Akan tetapi, beberapa daerah seperti di Malang, Jawa Timur, tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian hampir 1000 m dpl. Ciri durian musangking yang ditanam pada dataran tinggi, memiliki warna daging buah yang cenderung lebih pucat, dibandingkan dengan buah yang tumbuh di dataran rendah.

Walau begitu, rasa buahnya sedikit lebih istimewa. Dimana daging buahnya terasa cukup gurih lengket, sedangkan kombinasi manis dan pahit jadi lebih seimbang. Ada sebagian besar biji berukuran kecil. Sedikit kekurangan jika menanam di dataran tinggi adalah, proses tumbuh kembangnya jadi sedikit lebih lambat.

  1. Modifikasi kaki ganda lebih dari satu

Ada beberapa jenis tanaman durian musangking ini, adalah hasil rekayasa. Terutama tanaman berkaki tiga, ini adalah hasil rekayasa genetik, dari tanaman musangking dengan kaki 1. Adapun tiga kaki, pada bibit durian unggul ini berasal dari satu buah bibit durian musangking yang berfungsi sebagai batang utama. Kemudian ditopang dengan menggunakan 2 batang durian lokal yang mempunyai kualitas unggul, lalu disambung jadi satu. Bagian batang atas diambil / diokulasi, pada tanaman durian musangking dewasa. Dari sinilah akan dipilih, tanaman yang berkualitas, dengan rasanya manis, besar dan proses buahnya lebat.

Yang perlu diketahui bersama, sebenarnya tidak ada perbedaan fungsional, antara tanaman musangking dengan kaki 1 dan tanaman musangking berkaki 3. Hanya saja yang membedakan disini, adalah proses daya serap nutrisi pada tanah pastinya jauh lebih banyak, dibandingkan dengan 1 kaki. Efek yang akan diterima, tentunya dapat berbuah lebih cepat, dan lebih banyak, ketimbang pohon durian musangking dengan kaki 1. Keuntungan lain dari tanaman musangking berkaki 3 ini adalah sistem akarnya yang jauh lebh kokoh, ini yang membuat proses tumbuh kembangnya jadi jauh lebih kuat. Ini juga yang membuat pohon ini, tidak mudah tumbang ketika diterpa angin besar, atau juga bahaya longsor.

Karena proses penyerapan nutrisinya jauh lebih cepat, maka proses berbuahnya juga jadi lebih cepat, sekitar 3 hingga 5 tahun, dari proses tanam. Itu juga yang menjadi alasan, mengapa batang pohon tanaman tersebut, masih cukup pendek. Tentunya ini yang membuat keuntungan tersendiri untuk Anda. Karena dapat mengambil buah tersebut, degan cepat, dan tidak perlu memanjat terlalu tinggi, hanya untuk melindungi buah dari berbagai bahaya.

  1. Citarasa dan aroma daging buah yang mantap

Keunggulan berikutnya dari buah Musangking ini adalah dari segi daging buahnya. Walaupun daging buahnya sama-sama tebal, dengan buah durian monthong, dengan warna buah yang sama-sama kuning, dan juga mempunyai ukuran biji yang juga kecil. Namun ada perbedaan yang cukup jelas antara daging buah monthong dengan musangking. Pada daging buah durian monthong cenderung pulen, manis dan seperti ada rasa pati. Namun pada buah musangking, selain berwarna kuning, lembut, rasanya legit, dan pastinya tidak kering, ketika dimakan.

Keunggulan lain dari durian Musangking, dibandingkan durian monthong adalah aromanya. Khusus untuk aroma durian monthong, cenderung kalem, dan tidak terlalu menyengat, dan juga khas aroma buah durian. Sedangkan untuk cita rasanya lebih didominasi oleh rasa manis. Berbeda dengan durian Musangking, yang memiliki aroma cukup menyengat, dan mempunyai aroma alkohol, khas buah durian. Selain itu, teksturnya seperti mentega yang meleleh di lidah, dipadu dengan rasa manis, dan juga rasa pahit di lidah.

  1. Nilai Jual Selangit

Keuntungan lainnya, yang akan Anda dapatkan ketika membudidayakan tanaman tersebut, ketika membelinya di penyedia jual bibit durian musangking adalah, harga jualnya yang cukup tinggi.

Jika Anda tinggal di kota-kota besar, seperti Surabaya, Bandung dan juga Jakarta, biasanya harga musangking ini, dijual sekitar 135 ribuan rupiah per kilonya. Untuk durian musangking utuh, maka harga jualnya jadi sekitar 150 ribuan rupiah per kilonya. Sedangkan ketika dijual dalam bentuk buah yang sudah dikupas dan dibekukan, maka biasanya harga jualnya sekitar 465 ribuan rupiah per kilonya.

Pada tingkat perkebunan atau produsen, biasanya buah durian ini, dijual per butir. Harga per butirnya dibandrol sekitar Rp 75.000 hingga Rp 100.000. Sedangkan untuk harga durian lokal, di tingkat produsen atau petani, kisaran harganya sekitar Rp 10.000 atau paling mahal sekitar Rp 30.000 per butirnya. Faktor lain yang membuat harga durian ini cenderung tinggi adalah harga bibit durian musang ini, yang cenderung lebih mahal, ketimbang bibit lokal. Biasanya harga bibit di penyedia jual bibit durian musangking sekitar Rp 150.000 hingga Rp 300.000 tergantung tinggi bibitnya.

Cara memilih bibit durian Musangking kualitas unggulan

Walaupun sudah dijelaskan selintas di atas, tentang cara memilih bibit durian musangking kualitas unggulan. Namun pada ulasan kali ini, akan dibahas lebih lanjut, mengenai jenis tanaman musangking kualitas unggulan, agas hasil tanam Anda jadi semakin maksimal, dan hasil buahnya juga jadi banyak. Adapun ciri-ciri bibit durian musangking yang berkualitas adalah :

  1. Pastikan bibit durian ada pada penyedia jual bibit durian musangking, bebas penyakit. Anda dapat melihat tersebut, dari bagian batang dan juga daunnya.
  2. Berikutnya perhatikan kondisi batang, pastikan bagian tersebut, serta bagian cabang terlihat kokoh, dan juga kuat. Batang utama, tampak lurus, tegak dan tidak terlihat melengkung. Tidak hanya itu, pastikan batang, memiliki cabang di berbagai arah.
  3. Ketika Anda membeli bibit durian di pihak jual bibit durian musangking, sebaiknya pastikan bibit sudah berumur setidaknya 6 bulan.
  4. Adapun tinggi penempelan tanaman sekitar 10 cm, dari pangkal leher batang.
  5. Bibit durian, mempunyai tinggi optimal sekitar 40 hingga 50 cm, atau bisa juga disesuaikan dengan umur tanaman tersebut.
  6. Untuk diameter batang, sebaiknya pilih yang berukuran 1 hingga 1,5 cm.
  7. Pilih daun yang rimbun atau banyak, atau setidaknya 8 hingga 10 helai daun per bibit.

Apabila Anda berhati-hati dalam memilih bibit, dan mampu menjaga tanaman dengan baik, bukan tidak mungkin, hasilnya juga baik. Hasil buah pun jadi lebih banyak, dan pastinya akan memberikan keuntungan yang juga berlimpah.

 

Ingin menanam Durian Musangking ? Beli bibit durian Musangking. Hubungi H. Tenggar (WA 081226543798) atau datang langsung ke alamat Jl. Jabres 24 (depan Pasar Giwangretno) Sruweng Kebumen.

 

 

Bagikan informasi tentang Jual Bibit Durian Musang King Unggul Siap Berbuah, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking ! kepada teman atau kerabat Anda.

Jual Bibit Durian Musang King Unggul Siap Berbuah, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking ! | Suminar Nursery

Belum ada komentar untuk Jual Bibit Durian Musang King Unggul Siap Berbuah, Mengenal dan Cara Menanam Durian Musangking !

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan